Sabtu, 01 November 2008

Penyebab Penuaan Kulit

Penyebab intrinsik penuaan kulit
  1. Produksi kolagen dan elastin melambat
    Sejalan dengan bertambahnya usia kita, produksi koalgen (protein berstruktur dalam kulit) dan elastin (protein berstruktur yang lain) dalam kulit semakin melambat sehingga kulit akan kehilangan kekuatan dan elastisitasnya. Daya elastisitas kulit yang telah hilang akan sulit dikembalikan karena kulit sudah terlalu tipis dan mudah sekali rusak.


  2. Produksi sel kulit baru berkurang
    Sel kulit tidak diproduksi kembali dengan cepat setelah usia kita sudah tua. Berbeda pada saat kita masih muda, sel kulit mati dengan mudah dapat tergantikan dengan yang baru.


  3. Pigmen berkurang
    Sebagai bagian dari proses penuaan, jumlah pigmen yang berisi pigmen-pigmen berkurang dan sisanya akan membentuk flek hitam kecil-kecil yang nampak sperti jerawat.


  4. Hilangnya lemak
    Salah satu penyebab penuaan kulit adalah menghilangnya lemak yang terdapat di bawah lapisan kulit. Hal ini menyebabkan hilangnya kekuatan kulit terutama pada pipi dan kelopak mata. Sehingga kulit akan kelihatan jatuh dan mengkerut. Melambatnya aktifitas produksi kelenjar minyak dan keringat juga menyebabkan kulit menjadi kering dan dapat menimbiulkan masalah-masalah kulit kering lainnya seperti gatal-gatal dan kulit mengelupas. Untuk laki-laki, mengurangnya produksi minyak kurang begitu signifikan dan akan semakin terasa berkurangnya minyak pada saat menginjak usia 80 tahun. Untuk wanita, berkurangnya produksi minyak dapat dirasakan setelah menopause.


    Berkurangnya lemak dan jaringan penghubung pada kulit menyebabkan sistem pendukung di sekitar pembuluh darah melemah sehingga membuat kulit lebih mudah rusak dan bisa lebam.


  5. Penysutan tulang
    Penuaan kulit juga disebabkan oleh tulang dalam tubuh manusia mengalami penyusutan dalam jumlah tertentu seiring dengan brtambahnya usia.


  6. Pembuluh darah yang semakin rapuh.
    Pembuluh darah menjadi semkain rapuh seiring bertambahnya usia kita dapat menyebabkan pendarahan di bawah lapisan kulit dan muncul benjolan kecil berwarna merah terang.

Penyebab Extrinsik Penuaan Kulit
  1. Radiasi sinar matahari
    Kebanyakan penyebab dari penuaan kulit disebabkan oleh faktor eksternal yang berasal dari radiasi sinar matahari. Akumulasi radiasi sinar matahari ke kulit setiap hari dapat menyebabkan penuaan prematur. Biasanya, tanda-tanda penuaan kulit akan lebih nampak pada orang yang sering kontak langsung dengan radiasi sinar matahari. Tanda-tanda itu adalah bintik-bintik, kulit terlihat kasar, kerutan pada kulit, kulit mengelupas, pigmentasi kulit tidak merata dan lain sebagainya.

    Penuaan yang disebabkan oleh sinar matahari (photo aging), bergantung pada warna kulit tiap individu. Warna kulit yang lebih putih lebih rentan daripada warna kulit yang lebih gelap. Kulit yang berwarna gelap biasanya hanya mengerut saja dan akan timbul belang sebagai efek yang ditimbulkan radiasi sinar matahari.


  2. Faktor lingkungan lainnya
    Penyebab yang tidak kalah pentingnya dan perlu anda ketahui adalah faktor lingkungan. Polusi, asap, dan kondisi cuaca yang buruk dapat menyebabklan penuaan kulit. Radikal bebas dapat menyebabkan lingkungan menjadu tercemar dan dapat merusak kulit.



Penyebab mekanis penuaan kulit
  1. Tekanan dari aktifitas facial yang berulang-ulang
    Tekanan dari aktifitas facial yang berulang-ulang akan mengakibatkan timbulnya garis-garis dan kerutan pada kulit. Kebanyakan orang meyakini bahwa aktivitas facial dapat mengurangi kerutan pada kulit, tapi justru yang terjadi adalah sebaliknya kerutan makin bertambah. Hal ini disebabkan oleh alur dari bawah permukaan kulit menerima tekanan dari aktifitas facial. Penuaan kulit mengakibatkan kemampuan kulit untuk tumbuh kembali semakin berkurang dan bekas alur tersebut berkembang menjadi kerutan, contoh kerutan pada dahi dan kerutan pada kelopak mata.


  2. Posisi tidur
    Tidur dengan posisi wajah di bawah bertumpu pada bantal dapat membentuk kerutan atau garis-garis pada wajah. Lama-kelamaan garis-garis ini akan menjadi kerutan permanen. Tidur dengan posisi sebagian wajah bertumpu pada bantal akan menimbulkan kerutan pada pipi dan dagu. Tidur dengan posisi wajah berarti akan menimbulkan kerutan pada dahi.


  3. Rokok
    Merokok merupakan faktor yang harus anda perhtikan. Karena merokok juga dapat mengakibatkan penuaan kulit. Merokok menyebabkan perubahan biokimia pada tubuh yang dapat membuat kulit menua lebih cepat dari biasanya. Berdasarkan penelitian para ahli, merokok lebih dari sepuluh batang setiap hari lebih dari 10 tahun dapat menyebabkan kerutan yang lebih dalam dan kulit menjadi kasar. Menghisap batang rokok dapat membentuk kerutan pada bibir dan dagu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar untuk tips di atas