Senin, 06 Oktober 2008

Acne atau Jerawat yach?

Acne atau jerawat merupakan masalah yang umum dihadapi oleh siapapun, pria atau wanita baik remaja maupun dewasa. Umumnya jerawat timbul pada saat kita masih remaja, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan jerawat dapat menjadi suatu masalah hingga kita berusia 40 tahun nanti.

Ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat termasuk faktor genetik, bahkan faktor genetik merupakan penyebab yang paling dominan. Jerawat berkembang di pori-pori dan kelenjar minyak (pilosebaceous) pada kulit.
Sel pori-pori kemudian membentuk keratin (cellular debris) yang mengakumulasi dan menghalangi permukaan pori-pori. Kemudian diteruskan oleh kelenjar minyak sekaligus memproduksi minyak (sebum). Sehingga menjadi tempat yang sangat nyaman bagi bakteri untuk hidup di pori-pori. Bakteri ini disebut Propionibakterium acnes. Bakteri inilah yang membuat kulit menjadi berjerawat.

Penyebab lain yang menyebabkan timbulnya jerawat sangatlah bervariasi tergantung gaya hidup individu masing-masing. Diantaranya pengaruh obat-obatan yang kita minum, hormon testosteron, obat tidur, dll. Iritasi kulit juga dapat menyebabkan jerawat misalnya iritasi akibat topi yang kita pakai, help atau ikat kepala.

Warna kulit
Orang dengan warna kulit yang lebih hitam/gelap cenderung memiliki jerawat yang lebih sedikit ketimbang orang yang memiliki warna kulit lebih putih/terang. Hal ini disebabkan kerena kulit hitam/gelap lebih seimbang dalam memproduksi minyak dan pori- porinya lebih terstruktur. Apabila kita memiliki kulit yang lebih terang, jagalah jangan sampai teriritasi. Karena iritasi dapat membuat kulit menjadi lebih gelap sehingga jerawat mudah datang.

Pola makan
Selama ini banyak orang beranggapan bahwa makanan yang berlemak seperti kacang, coklat, soda, susu, dan yodium bisa menyebabkan jerawat. Pandangan seperti ini sebetulnya sangat bertolak belakang. Makanan tertentu dapat menyebabkan jerawat lebih dikarenakan seseorang tersebut sensitif terhadap makanan tertentu. Apakah kulit kamu sensitif jika kamu memakan kacang? Jika ya, hindari camilan yang berbau kacang, Jika tidak, tetaplah mengkonsumsi kacang.

Kosmetik
Setiap kulit seseorang memiliki sensitifitas yang berbeda-beda terhadap produk kosmetik. Gunakanlah selalu produk kosemetik yang berlabel oil-free make up/non-comedonic make up (make up bebas minyak).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar untuk tips di atas