Senin, 06 Oktober 2008

Proteksi Kulit Pada Musim Panas

Proteksi di musim panas
Sinar matahari dapat menghilangkan kelembaban kulit, membakar kulit, kulit menjadi hitam dan menyebabkan timbulnya tanda-tanda penuaan pada kulit secara dini. Untuk itu, kulit membutuhkan perlindungan secara fisik untuk menghindari dampak sinar matahari yang buruk tersebut.

Gunakan lotion anti sinar UV.

  1. Perhatikan SPF atau faktor pelindung lainnya pada lebel kemasan yang bisa anda temui dalam bentuk angka dan biasanya disertakan juga jangka waktu penggunaan pada saat berada di bawah sinar matahari. Jika anda memiliki kulit sensitif, gunakanlah lotion dengan SPF 20 atau diatasnya.


  2. Gunakan lotion anti sinar UV (sunscreen) 20 menit sebelum berjemur atau keluar rumah. Dengan ini kita memberikan waktu bagi kulit untuk menyerap lotion tearsebut sebelum terkena sinar matahari.


  3. Bawalah sunscreen selama liburan ke pantai. Perhatikan pula keadaan alam sekitar. Permukaan alam yang reflektif seperti air dapat meningkatkan efek radiasi sinar UV.


  4. Gunakanlah sunscreen kembali bila anda berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. Ide yang bagus jika anda selalu membawa sunscreen dalam tas selama bepergian atau liburan.


  5. Setelah berjemur atau bepergian, bersihkan warna coklat pada kulit bekas sengatan sinar matahari dengan menggunakan krim pembersih. Atau anda juga dapat menggunakan jus tomat matang kemudian gosok-gosokkan ke kulit.


  6. Vitamin C itu perlu!

  7. Banyaklah mengkonsumsi vitamin C setiap hari untuk mengurangi kerutan-kerutan kulit dan tanda penuaan lainnya. Vitamin dapat anda peroleh dari buah-buahan maupun suplemen. Vitamin C yang disebut "L-Ascorbic acid" terdapat pada jeruk dan lemon sangat baik untuk mengurangi kerutan kulit.


  8. Gunakan krim atau gel yang mengandung "L-Ascorbic acid". Pada saat digunakan, krim/gel ini dapat menyerap radikal bebas akibat sengatan matahari atau polusi sebelum mereka merusak kulitmu.


  9. Lindungi kulitmu dari polusi.

    Polusi udara dapat mendatangkan malapetaka bagi kulitmu. Bagian kulit yang terproteksi bisa saja mengalami penuaan kulit apalagi bagian kulit yang tidak terproteksi sama sekali. Untuk melindungi kulitmu dari polusi udara, ada 3 hal yang harus kamu lakukan yaitu:

  10. Cuci wajahmu setelah kamu pulang dari bepergian dengan sabun muka yang bagus untuk menghapus kotoran dan elemen lain dari kulit wajah.


  11. Gunakanlah mild cleanser secara teratur jika kamu sering berada di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama.


  12. Lindungi wajahmu dari polutan dengan menggunakan mouisturizer atau foundation yang dapat melindungi lapisan kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar untuk tips di atas